Cara Membuat Anchor Text dan Kesalahan yang Harus DIhindari

Cara Membuat Anchor Text dan Kesalahan yang Harus DIhindari

Ketika Anda memiliki website dan bertujuan ingin mendapatkan uang atau pendapatan dari situ, maka mau tidak mau Anda harus memaksimalkan SEO. Salah satunya adalah penggunaan anchor text untuk backlink ataupun link internal. Agar SEO bisa optimal, maka cara membuat anchor text juga harus benar.

Hindari Kesalahan Ini!

Sebelum membuat anchor text, ada baiknya jika Anda tahu bagaimana cara menghindari kesalahan menulis anchor text. Kenapa perlu dihindari? Karena jika terlalu banyak, bukan hanya akan membuat artikel atau halaman menjadi tidak enak dibaca namun juga terkesan spam.

Karena itu, hindari penulisan dan penggunaan anchor text seperti berikut:

  • Terlalu banyak digunakan dalam 1 konten atau artikel.
  • Tidak menggambarkan link tujuan sehingga tidak ada relevansi antara link tujuan dengan anchor text.
  • Kurang memanfaatkan anchor text untuk inbound link.
  • Anchor text kurang bervariasi.

Cara Buat Anchor Text

Untuk membuat anchor text, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu cara manual dan dengan block text. Block text ini mudah digunakan bahkan bagi orang yang tidak tahu dan tidak mengerti bahasa pemrograman. Cara membuat anchor text, yaitu:

  • Buat terlebih dahulu kata yang akan digunakan sebagai anchor text. Misalnya halaman tentang cara untuk membuat suatu logo dengan menggunakan ponsel. Anda bisa menggunakan anchor cara membuat logo di hp.
  • Jika Anchor text sudah Anda dapatkan, Anda bisa langsung membuat artikel untuk di-publish di website tersebut. Sebagai catatan, tempatkan anchor text dengan hati-hati. Pastikan jika penempatan anchor text dalam artikel atau konten tersebut terlihat natural sehingga visitor yang membaca juga akan nyaman.
  • Blok anchor text yang sudah Anda buat di artikel tersebut. Pastikan jika Anda sudah memindahkan tulisan Anda di website. Kemudian, Anda bisa klik di icon rantai yang ada di bagian toolbar.
Cara Membuat Anchor Text dan Kesalahan yang Harus DIhindari
Cara Membuat Anchor Text dan Kesalahan yang Harus DIhindari
  • Setelah itu, copy link tujuan dan paste ke kolom tautan yang sudah Anda klik. Enter atau tekan panah ke bawah.
  • Tautan sudah terpasang. Publish artikel Anda.
  • Setelah itu, Anda hanya tinggal cek apakah tautan tersebut bekerja dengan baik atau tidak.

Bagaimana jika tautan atau link di anchor text memiliki pembahasan yang sama dengan artikel yang Anda buat? Anda bisa menggunakan sinonim dari kata kunci yang sedang Anda gunakan. Sinonim atau penggunakan LSI keyword ini bisa jadi solusi yang tepat bahkan Google tetap bisa mengindeks artikel Anda.

Jika perlu, Anda bisa menggunakan jenis anchor text yang lainnya. Misalnya branded anchor, naked link anchor, general anchor, atau pun patch-match anchor. Dengan begitu, anchor text Anda bisa lebih bervariasi.

Sekian informasi mengenai cara membuat anchor text. Semoga informasi ini bermanfaat ya untuk Anda. 

Share